September 01, 2012

Pengalaman Sister School Singapura-Malaysia #2

Diposkan oleh Yasmin Laksmi Nariswari di 8:53 PM
3 Hari di Singapura


 Hari itu tanggal 30 Januari 2012, saya berangkat dari SMP N  2 KLATEN PONDOK bersama rombongan menaiki Bus ESPERO pukul 05.00 menuju Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Sesampainya di bandara, kami serombongan langsung melakukan check in barang. Kami akan menaiki Pesawat Air Asia untuk menuju Singapura. Setelah mendapatkan tiket dan paspor kami menunggu jadwal penerbangan. Akhirnya pukul 07.30, pesawat yang ditumpangi kami lepas landas dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Jumpa lagi Indonesia, kami pasti akan merindukanmu.
Setelah melakukan penerbangan selama 2 jam 30 menit, akhirnya kami sampai di Bandara Internasional Changi. Begitu sampai kami langsung di check paspornya dan terlihat kemegahan arsitektur Bandara Changi. Setelah itu, kami menuju tempat pengambilan bagasi. Tempat itu sangat luas , sangat beda dengan bandara di Indonesia, koper – koper kami berputar disekitar situ. Untungnya koper kami diberi tanda jadi tidak akan tertukar jika ada merk koper yang sama. Setelah menemukan koper masing – masing kami menemui agen yang akan menemani kami berkeliling Singapura selama 3 hari itu.

•    Hari pertama
Kami langsung menuju bus yang telah disediakan. Di Singapura peraturan sangat banyak dan dendanya sangat mahal. Di bus ini saja, kita tidak boleh makan atau minum padahal perjalanannya sangat lama. Bus ini langsung membawa kami ke restoran  SEOUL GARDEN di sebuah pusat perbelanjaan. Di situ kami makan – makanan Barberque Korea artinya kita memanggang sendiri apa yang ada di situ. Ada daging sapi, daging ayam, seafood, macam – macam tempura, dll. Kita juga mengambil sendiri minumnya dan dessert yang telah disediakan yaitu Es Krim aneka rasa dan Aneka cake yang enak.
Setelah kenyang kami menuju ke pusat perbelanjaan Mustafa Center. Di Mustafa Center kebanyakan pelayannya adalah orang India. Di sana barang – barangnya cukup mahal. Di sana saya membeli sebuah jam tangan merk Everlast yang berwarna soft pink dengan harga 44 $ Singapura atau sekitar Rp. 352.000,00. Setelah itu kita menuju ke Masjid di depannya untuk melaksanakan Sholat Zuhur. Perbedaan Waktu Indonesia dan Singapura adalah 1 jam.
Kita berkeliling Singapura dengan menggunakan bus ini yaitu ke Esplanade, Merlion Park, Suntec City, dll. Kita sempat turun untuk berfoto dengan berbagai obyek wisata tersebut. Gedung – gedung di Singapura sangat unik, karena arsiteknya pandai membuat ide – ide baru.
Perjalanan dilanjutkan ke pusat perbelanjaan  China Town. Di China Town terkenal dengan harganya yang murah dan bisa di tawar. Kami membeli macam – macam untuk oleh – oleh ada gantungan kunci, kaos, patung Merlion kecil, dll. Uang kami hampir habis untuk membeli oleh – oleh buat keluarga dan teman – teman yang ada di Indonesia.
Lanjut kita ke Chocolate Gallery, disana kami hanya beli sedikit karena  Singapura tidak terkenal dengan coklatnya. Kebanyakan kami membeli 3 kotak coklat Merlion dengan harga                    20 $ Singapura atau Rp. 80.000,00.
Hari sudah sore, kita makan malam di restauran di Sentosa. Di sana kita sempat kehilangan 3 anggota rombongan, untungnya dapat ditemukan. Malam harinya kita masih berada di Sentosa untuk melihat pertunjukan Song of The Sea. Pertunjukannya sangat bagus, pencahayaan dan animasi yang berasal dari laser sangat keren. Hari sudah malam, kita beristirahat di Fragnance Hotel Bugis.

•    Hari Kedua
Hari ini tanggal 31 Januari 2012, kita berencana akan mengenjungi salah satu sekolah di Singapura. Sekolah itu bernama St.Metodist Fansist School. Sesampainya di sana, kami menunggu sebentar di kantin. Kantin di sana bersih, rapi, teratur, dan lengkap jadi tidak ada satupun murid yang jajan di luar karena merasa nyaman makan di kantin tersebut. Di sekolah ini terdiri dari gabungan sekolah Kindegardent, Elementary, O – Level, dan A – Level atau setingkat TK ,SD , SMP, SMA. Ada 4 Mapel yang diutamakan disini yaitu Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan Kimia. Disini kita diberi pelajaran bahwa belajar itu bukan hanya dari buku tapi bisa dari mendengarkan lagu, melihat film, membaca koran, dll. Semua itu bisa digunakan untuk sarana belajar. Di sekolah ini yang diutamakan adalah perhitungan nilai untuk masuk ke Sekolah yang lebih tinggi seperti Universitas. Para siswa yang mendapatkan poin bagus akan muncul di koran. Fasilitas di sana sangat lengkap, ada perpustakaan, lab. Kimia, lab. Fisika, dll. Intinya sekolah ini menyediakan peluang siswanya untuk mendapatkan poin terbaik supaya dapat masuk ke Universitas yang diinginkan.
Setelah makan siang di  Hj.Maemunah, bus langsung tancap gas ke Science Centre Singapura. Sesampainya di Science Centre kita langsung diberi tiket masuk dan dicap tangannya. Di Science Centre penemuannya unik – unik dan menarik. Bisa dilihat di gambar nanti.
Saat itu hujan, tapi kita harus tetap pergi ke Orchard Road. Disana saya hanya membeli sebuah boneka khas Singapura yang pertama 60 $ menjadi 20 $ atau Rp. 480.000,00 menjadi Rp. 160.000,00. Hari sudah sore, kita pun beristirahat kembali di Fragnance Hotel Bugis.

•    Hari Ketiga
Hari ini tanggal 1 Februari 2012 adalah hari terakhir kita di Singapura. Rencananya hari ini kita akan mengunjungi Shatec University. Sesampainya di Shatec University, kita langsung disambut hangat dan dipersilahkan untuk melihat film dokumenter murid – murid di Shatec University yang telah berhasil. Shatec University ini dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin bekerja di bidang pariwisata, pelayanan, wiraswasta / pembuka katering, bartender, dan manager hotel. Jadi pertama kali masuk akan diterangkan cara bekerja mulai dari yang dasar. Disini semua teknik akan diajarkan oleh instrukturnya. Mahasiswa dari Shatec terkadang dikirim untuk mengikuti berbagai kompetisi dunia dan sering meraih gelar. Di sana kita diperbolehkan masuk ke ruang prakteknya dan berbicara dengan salah satu murid Indonesia yang bersekolah di sana. Berkesanlah pokoknya.
Setelah kenyang makan siang di Hj.Maemunah, kita bersiap untuk perjalan menuju Johor Bahrung , Malaysia selama 5 jam dengan menggunakan bus . Sebelumnya kita mengambil koper yang sudah di packing dari tadi pagi. Sampai di Kuala Lumpur , kita langsung menuju Sungai Wang. Di sana saya hanya membeli kaos dan sandal untuk mama dan papa. Sudah malam waktunya istirahat di Hotel. Dari Hotel kita bisa melihat indahnya Kuala Lumpur pada malam hari, Twin Tower nya terlihat sangat jelas dan indah dari kamar.

0 Komentar:

Poskan Komentar

What time is it ?

 

Love, Life, & Think Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea